Bangkitnya FOSSIL

Perguruan Tinggi di Yogyakarta

Sudah saatnya organisasi kemahasiswaan di Kampus Ungu yang merupakan perguruan tinggi di yogyakarta untuk unjuk gigi di rumah sendiri dan ekstern kampus. Sudah beberapa tahun teakhir, organisasi-organisasi mahasiswa di Kampus ungu seperti UKM dan BSO, terkesan berjalan sendiri-sendiri dan kegiatanya tidak terekspos dengan baik. Sehingga banyak pihak yang menganggap banyak UKM dan BSO yang vakum. Pada kenyataannya memang ada beberapa organisasi yang vakum atau tidak ada kegiatan dalam satu tahu teakhir. Salah organisasi tersebut adalah Free Open Source Software Interest League (FOSSil).

Organisasi komunitas study linux ini sudah vakum semenjak awal tahun 2007. Sehingga banyak mahasiswa angkatan 2007 yang tidak mengetahui tentang keberadaan organisasi ini. padahal sebelumnya FOSSil termasuk aktif dalam berkegiatan, diantaranya dengan mengadakan seminar OPEN SOURCE & Hacking WiFi pada akhir tahun 2006, yang didukung oleh Himpunan Mahasiswa Juruan Teknik Informatika (HMJTI), dan bekerjasama dengan KPLI dan UBUNTU-id. Salah satu hal yang menarik dari organisasi pecinta linux ini adalah sistem open learning yang diterapkan dalam organisasi. Sehingga siapapun yang ingin dan tertarik untuk belajar linux, bisa saling sharing atau berbagai ilmu, kapapun dan dimanapun tanpa mengenal batasan senior-junior.

Namun dipertengahan tahun 2008. organisasi ini yang pernah dibina oleh HMJTI itu mulai bangkit dan berkegiatan lagi, dengan dimotori oleh aktivis-aktivis HMJTI. Kebangkitan FOSSil ini ternyata disambut baik oleh mahasiswa yang kuliah di perguruan tinggi di yogyakarta yang tidak lain adalah AMIKOM. Terbukti dengan jumlah peminatnya yang lebih dari 500 orang pada waktu expo 2008, dari semua angkatan. Namun sayangnya yang di terima hanya kurang lebih 130 orang. "Kami sengaja menerima sedikit, karena kami tidak ingin serakah dengan menerima banyak orang, yang berakibat mereka tidak dapat menyerap ilmunya" kata Surya Tri Atmaja selaku ketua FOSSil periode 2008/2009. "Lagi pula mendingan sedikit tapi solid bukan?" tandasnya. Surya menambahkan "siapa saja yang ingin belajar linux, silahkan menghubungin kami dan kita akan belajar bersama.

Semoga bangkitnya FOSSil ini dapat menambah semarak kegiatan mahasiswa di Kampus Ungu, terutama untuk membantu mahasiswa yang ingin belajar linux tapi tidak memiliki tempat untuk bertanya. Selain itu, kebangkitan FOSSil juga diharapkan dapat memicu semangat organisasi-organisasi lain yang masih vakum untuk kembali aktif dan menambah semangat organisasi yang talah eksis, untuk mengadakan kegiatan yang berkualitas.
Roy.

Dikutip dari KampusKita Magazine Halaman 05 (actual).

0 comments:

Posting Komentar

Pusat Informasi Terlengkap dan Terupdate

Recent Comment



AMIKOM News